Mengenal Website Sebagai Alat Pemasaran di Internet

mengenal website sebagai alat pemasaran

Mengenal Website Sebagai Alat Pemasaran di Internet – Tren jualan di internet akhir-akhir ini semakin marak dan populer. Banyak pengusaha baru yang muncul hampir setiap hari karena internet. Mulai dari yang coba-coba, mengisi waktu luang, mencari uang saku tambahan, hingga kelompok usaha kelas kakap-pun tak menyia-nyiakan eufiria bisnis online dengan media internet ini.

Banyak alasan memang, mengapa orang-orang sangat antusias menggunakan internet sebagai alat pemasaran utama maupun tambahan. Alasan-alasan tersebut, antara lain adalah biaya. Biaya yang relatif murah, umumnya menjadi alasan utama kenapa orang lebih memilih memasarkan produk atau usahanya di internet. Berbeda dengan cara konvesional (offline) yang memerlukan tempat dengan biaya yang seringnya tidak sedikit, serta batasan waktu tertentu. Pemasaran di internet justru bisa menggunakan fasilitas (tempat) gratisan dan siap berburu konsumen 24 jam non stop.

Selain biaya, jangkauan kepada konsumen yang semakin luas juga menjadi daya tarik tersendiri. Kalau umumnya orang jualan di toko, paling jangankauan yang dicapai hanya orang-orang dilingkungan sekitar toko. Namun dengan menggunakan internet sebagai alat pemasaran, dimanapun orang yang terhubung dengan internet dapat menjadi target jangkauan kita.

Beberapa Media atau Alat Pemasaran di Internet

Untuk menambah wawasan, coba saya ulas beberapa media yang bisa kita gunakan untuk pemasaran di Internet.

  1. Messenger

    Awalnya, messenger diciptakan memang untuk memudahkan dan memurahkan cara berkomunikasi jarak jauh. Meskipun awalnya sudah ada telepon seluler yang menawarkan biaya cukup murah, tapi tetap saja tidak lebih murah jika dibandingkan dengan teknologi informasi terbaru bernama Messenger ini. Saking murahnya, hampir semua orang lebih memilih menggunakan layanan messenger daripada berSMSan.
    Semakin banyak pengguna, semakin memacu para developer untuk berinovasi untuk menarik jumlah pengguna lebih banyak lagi. Fitur yang sudah mutlak ada pada messenger saat ini adalah seperti foto profil, status dan broadcash. Nah, inilah yang kemudian menjadi alat pemasaran para pelaku bisnis online.

  2. Sosial Media

    Tidak kalah menarik adalah Sosial Media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dll. Tak sekedar menjadi tempat curahan hati (curhat), dengan bertambahnya jumlah pengguna menjadi sasaran manis para pelaku usaha untuk menawarkan kepada teman-temannya di sosial media tersebut, maupun pengguna lain yang bahkan belum dikenal. Kemudahan inilah yang memacu peningkatan penjualan di Internet secara signifikan.

  3. Marketplace

    Dibandingkan dengan 2 alat pemasaran sebelumnya, marketplace memang bisa dibilang masih baru di Indonesia. Tapi, baru bukan berarti tidak populer. Diawal kemunculannya, marketplace justru cepat pepulernya. Bahkan beberapa perusahaan marketplace Indonesia ada yang mendapatkan dana investasi yang sangat fantastis. Kemudahan dan keamanan berbelanja menjadi jargon yang sering diungkapkan oleh perusahaan marketplace. Beberapa marketplace yang bisa Anda gunakan, seperti Tokopedia, Bukalapak, dll.

  4. Private Website

    Ada banyak jenis website yang bisa digunakan sesuai dengan bidang usahanya. Toko online merupakan sarana paling populer untuk berjualan menggunakan website. Selain itu, ada juga jenis website, seperti company profile, personal profile, dll. Dengan website, Anda bisa kontrol penuh pengelolaan produk atau alayanan yang di jual. Bahkan Anda bebas mengembangkan fasilitas dan informasi yang lengkap untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen. Tentu hal ini berbeda dengan messenger, sosial media dan marketplace yang tentunya Anda harus mengikuti aturan main layanan mereka. Bahkan seringnya, meskipun sudah menggunakan alat pemasaran lainnya, website selalu disandingkan disana.

Mengenal Website Sebagai Alat Pemasaran di Internet

Nah, sesuai dengan topik artikel ini, saya akan mengenalkan website sebagai alat marketing yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Bukan teknologi baru, bahkan website telah ada sebelum messenger, sosial media dan marketplace. Atau lebih tepatnya, website adalah teknologi dasar untuk membangun 3 media itu, yang selanjutnya dikembangkan kedalam platform desktop dan mobile.

Mengenal website – Apa itu website? Sederhananya, website adalah sebuah sarana untuk bertukar informasi dengan media internet. Sehingga memungkinakan siapapun yang terkoneksi dengan jaringan internet bisa mengakses informasi yang dipublikasikan pada website. Jika ingin mengenal secara teknis apa itu website, silahkan baca referensi ini : https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web.

Kenapa Anda perlu memiliki website untuk pemasaran, meskipun sudah menggunakan alat pemasaran lainnya di internet?

+ Lebih profesional dan bunafit
+ Lebih privat untuk mengeksplorasi produk dan layanan perusahaan Anda saja
+ Lebih fleksibel dalam mengurai data dan cara berkomunikasi dengan konsumen
+ Bisa memodifikasi fitur untuk mengelola data konsumen
+ Dapat menampilkan informasi dengan lebih lengkap
+ Pemasaran lewat media lainnya tetap memerlukan website sebagai landing Online Office

Untuk lebih mengenal website sebagai alat pemasaran, penjelasan fitur dan kegunaan website berikut ini bisa membantu Anda.

  • Fitur dan Kegunaan website yang umum ada untuk website usaha
  • Produk atau Layanan yang ditawarkan
  • Profil usaha untuk meningkatakn kepercayaan konsumen
  • Kontak untuk memudahkan layanan konsumen
  • Testimonian untuk merangkum penglaman konsumen sebelumnya
  • Portofolio untuk menunjukan kompetensi perusahaan
  • Serta informasi lainnya untuk menunjang kemudahan bagi konsumen

Baca juga : Manfaat Website Untuk Bisnis

Apabila Anda sudah mengenal website untuk alat pemasaran, lalu bagaimana agar Anda memili website? Sekarang, informasi untuk belajar mudah kita temukan juga di Internet. Jika dirasa Anda punya cukup pengetahuan untuk membuat website sendiri, mungkin artikel saya yang bejudul Cara Membuat Website Sendiri ini bisa membantu Anda. Namun jika Anda tidak mempunyai pengetahuan, bahkan waktu, Anda bisa menggunakan penyedia jasa pembuatan website. Karna untuk membuat website di jasa pembuatan website, saat ini pun tidak memerlukan biaya yang tinggi. Bahkan biayanya relatif murah. Bagi Anda yang ada di sekitar kota Solo atau Surakarta, Jasa Pembuatan Website di Solo ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Leave a Reply